Home » » dunia IT: menjadi SYSTEM ENGINEER

dunia IT: menjadi SYSTEM ENGINEER

Seorang system engineer bertugas untuk mengimplementasikan infrastruktur teknologi informasi suatu perusahaan mulai dari hulu sampai dengan hilir. Mulai dari perencanaan, implementasi hingga maintenance infrastruktur teknologi informasi. Menginstal server, memasang rack, storage, backup file, firewall, router, modem dan berbagai perangkat teknologi informasi lainnya merupakan pekerjaan yang sering dilakoni oleh seorang system engineer.

Jika ingin berkarir sebagai system engineer, maka disarankan untuk bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Hal ini dikarenakan kita akan mendapat banyak pengalaman dengan menginplementasikan berbagai teknologi informasi di perusahaan pelanggan, bisa belajar mengimplementasikan teknologi dengan berbagai macam platform seperti Windows, Linux, Unix, AS/400 dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat belajar banyak mengenai messaging system, firewall, database server, network management, portal, ERP dan beragai aplikasi perusahaan lainnya.

Gaji untuk karir system engineer sekitar 3 juta rupiah untuk sorang yang memiliki pengalaman 1 hingga 2 tahun. Bisa lebih jika memiliki pengalaman di atas 2 tahun. Apalagi jika memiliki sertifikat internasional. Namun semua kembali kebijakan masing-masing perusahaan.

Keahlian mendasar yang harus dimiliki sebagai seorang system engineer adalah sistem operasi jaringan. Kita harus menguasai cara menginstal dan mengkonfigurasikan sistem operasi Windows, Linux, dan Unix. Untuk sistem operasi windows, kita harus menguasai sistem operasi windows server200, windows server 2003 RC2 dan windows server 2008 ( higher ).

Untuk sistem operasi Linux, paling tidak kita menguasai RedHat, Fedora, CentOS, Ubuntu, dan Suse Linux. Secara umum jika kita telah menguasai satu distro linux, maka akan mudah untuk berpindah ke distro linux lainnya.

Sistem operasi Unix mirip dengan Linux. Untuk Unix sendiri da beberapa varian yaitu Solaris, IBM, AIX, HP/UX, SCO dan lainnya. Cukup satu saja yang dikuasai.

Selain sistem operasi, beberapa keahlian yang harus dikuasai adalah aplikasi enterprise misalnya desktop management dan system management, firewall dan proxy server, dan lain sebagainya.

Untuk sertifikat internasional, misalnya dapat mengambil MCSA (Microsoft Certified Systems Administrator) dan MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer). Masih ada banyak serfikat lain yang dapat diambil oleh seorang system engineer.

sumber : disadur dari blog sihombing89
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger