Home » , , » Mengapa Email dari luar masuk ke Folder SPAM

Mengapa Email dari luar masuk ke Folder SPAM

Disini saya akan membahas pertanyaan dari Client kami yang menanyakan "kenapa email dari luar masuk nya ke folder SPAM?" 

saya akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi email masuk spam tersebut:

Menurut saya ini cukup penting karena email masuk spam adalah hal yang paling dihindari, terutama bagi orang atau bisnis yang menggunakan email sebagai saluran pemasarannya.

Siapa yang tidak membenci SPAM? Kami pun juga benci terhadap SPAM. Namun terkadang email kita masuk SPAM bukan karena konten email kita, melainkan ada banyak faktor teknis yang diluar pemahaman kita sebagai orang awam.

Ketika email sudah masuk ke spam, maka kesempatan untuk dibaca oleh penerimanya sangatlah kecil. Ini akan sangat berpengaruh jika isi email Anda berisi konten atau pesan yang penting dan mendesak. Contohnya promo yang berbatas waktu. Promo Anda akan sepi karena yang membuka dan membaca email Anda sedikit.

Dengan mengetahui penyebabnya kami berharap Anda bisa mengatasinya. Sehingga ke depan email Anda tidak masuk spam lagi. Maka dari itu kami menulis tentang penyebab dan cara mengatasi email masuk spam ini.

 Beberapa penyebab email masuk ke folder SPAM
  1. Email masuk ke Folder SPAM karena IP masuk SPAM Blacklist
  2. Email masuk ke folder SPAM karena terjerat konten Filter
  3. Email masuk ke Folder SPAM Gmail disebabkan email satu arah
  4. Cara mendapatkan alamat email tujuan
Email masuk ke folder spam karena IP masuk spam blacklist

Penyebab email masuk spam yang kedua adalah ip address masuk dalam blacklist spam. Dengan kata lain, alamat server/IP address/domain untuk mengirim email Anda punya reputasi yang buruk dan sudah masuk dalam daftar blacklist spam. Sehingga sebanyak apapun kita mengirimkan email, maka email tersebut akan selalu masuk ke dalam spam.

Untuk mengatasi hal ini ada satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan delist atau menjadikan IP address/domain Anda ke dalam whitelist.


Email masuk ke folder spam karena terjerat konten filter

Terjerat konten filter maksudnya adalah isi maupun subjek email yang dikirimkan berisi kata-kata yang mengandung jargon Spam. Contoh dari jargon Spam ini antara lain: gratis, free, diskon, voucher, persen (%) dan lain sebagainya. Selain itu kata-kata jorok, mengandung kekerasan, promosi juga bisa menjadi indikator email Anda masuk spam.

Meskipun IP Address dianggap bersih dan mempunyai legitimasi tapi kalau konten email berisi kata-kata “jorok” yang dianggap sebagai kata-kata “spam” maka tentu saja email akan tetap masuk spam.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Caranya adalah menghindari jargon-jargon tersebut, apalagi jika domain masih baru. Jika usia domain sudah cukup lama, sesekali boleh menggunakan jargon-jargon di atas yang penting tidak secara intensif.

Email masuk ke Folder SPAM Gmail disebabkan email satu arah

Penyebab email masuk spam email satu arah. Maksudnya adalah bahwa Anda hanya mengirimkan email saja tanpa mengajak penerima email untuk membalas email Anda. Hal ini bisa menjadi penyebab email masuk spam karena pada dasarnya email itu adalah alat komunikasi 2 arah. 

Maka cara mengatasi email masuk spam untuk penyebab ini adalah dengan mengajak penerima email Anda membalas email yang Anda kirimkan.

Misalnya domain yang baru di aktivasi kemudian melakukan pengiriman email ke pihak lain yang menggunakan email @gmail.com maka secara otomatis email tersebut akan masuk folder spam. Tapi apabila penerima email @gmail.com tersebut membalas email maka kiriman email selanjutnya akan langsung masuk ke inbox @gmail.com penerima.

Cara mendapatkan alamat email tujuan

Penyebab kenapa email masuk spam yang pertama adalah cara mendapatkan alamat email tujuan. Paling aman dalam mendapatkan alamat email adalah list building melalui opt-in form. Hal ini dikarenakan subscribers memberikan alamat emailnya secara sadar.

Untuk solusi agar email tidak masuk spam lagi adalah dengan tidak lagi melakukan aktivitas scrapping dan membeli list email. Tapi dapatkan alamat email melalui cara yang halal dan benar.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi email masuk spam. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Semoga Membantu ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger