Setting Email di smartphone Android

Pendahuluan

Apakah pernah melakukan setting Email di HP Android Anda?

Pernahkan melakukan sincronisasi email di smartphone Anda?

Hal ini tentu saja memudahkan anda dalam melakukan pengelolaan email seperti melihat kotak masuk, melihat kotak terkirim dan mengirimkan email ke seseorang.

bagi Anda yang memiliki email dengan domain sendiri atau domain perusahaan, Anda juga dapat melakukan sincronisasi email di smartphone. Cara setting email di smartphone Android sebenarnya hampir sama dengan cara setting email di Outlook, yang sudah kita ulas tempo hari. lihat setting email di outlook 2013.

Persiapan Setting Email di smartphone Android

Sebelum melakukan setting email di smartphone Android, tentu saja kita harus mempersiapkan informasi manual settings dari email yang kita peroleh dari webmail.











Manual settings tersebut sangat berguna dalam proses pembuatan akun email pada Smartphone Android anda. Terdapat username yang merupakan alamat email itu sendiri, kemudian password. Lalu terdapat Incoming server dan Outgoing Server beserta port yang dimiliki masing- masing. Informasi inilah yang menjadi dasar sinkronisiasi email domain dengan smartphone Android anda.

Untuk mengetahui step-step untuk menuju ke tahap ini, maka sebelumnya anda harus membaca setting email di outlook 2013 terlebih dahulu. 

Setting Email di smartphone Android

Nyalakan dulu smartphone Android Anda, setelah itu buka pengaturan / settings / pengaturan pada smartphone Android yang Anda miliki. Untuk macam-macam Smartphone cara penempatan emailnya berbeda-beda. Pilih Akun > tambahkan Akun > Email






















Lalu anda akan diarahkan ke halaman pilihan penyedia email. Pilih Other (POP3/IMAP) agar anda dapat melakukan setting email dengan domain sendiri di smartphone Android. 























Setelah itu, pilih metode konfigurasi dalam setting email di smartphone Android. Apakah menggunakan IMAP atau POP3. Sebaiknya gunakan IMAP saja, karena IMAP sifatnya dapat sinkronisasi dua pihak antara client maupun server. Sebagai contoh, anda akan menghapus email yang masuk dari smartphone android. Maka di sisi server, email tersebut juga akan terhapus.






















Kemudian anda akan diarahkan ke Halaman Pengaturan Server Masuk (Incoming Server). Tuliskan nama email, nama pengguna dan password sesuai dengan informasi manual settings. Untuk Server IMAP tuliskan sesuai dalam informasi manual settings. Adapun jenis keamanannya pilih SSL/ TLS agar lebih aman. Dan tuliskan port IMAP yaitu 993. Lalu klik Berikutnya. 






















Kemudian pada halaman Pengaturan Server Keluar (Outgoing Server) isikan sesuai dengan informasi manual settings. Tuliskan nama server SMTP beserta port nya. Pilih SSL/ TLS untuk keamanan data. Tuliskan nama pengguna dengan alamat email beserta passwordnya. Setelah itu klik Berikutnya. 






















Anda dapat melakukan pengaturan dalam proses sinkronisasi email. Misalnya, frekuensi pemeriksaan kotak masuk, periode sinkronisasi email, dan beberapa pengaturan lainnya yang dapat anda pilih. Lalu klik Berikutnya. 






















Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai. Setelah proses sinkronisasi selesai, maka akan muncul tampilan pengelolaan email seperti kotak masuk, kotak keluar, kotak terkirim dan sebagainya






















Penutup

Cara setting email di smartphone Android merupakan hal yang mudah dilakukan. 
Anda dapat melakukan setting email di smartphone Android seperti Anda melakukan setting email di Outlook. 

Hanya butuh informasi akun email POP3/ IMAP, maka Anda dapat melakukan sinkronisasi email domain dengan akun email di smartphone Android. 

Bagi Anda yang mengalami kesulitan, langsung saja menghubungi Kami. 

Anda tertarik email menggunakan domain dan hosting milik sendiri? Hubungi kami .. kami akan membantu Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger