Home » , » Memperbaiki Hard Disk error dan Recovery Data sendiri

Memperbaiki Hard Disk error dan Recovery Data sendiri

Tulisan ini dibuat sekedar memberikan pertolongan menghadapi kasus sederhana yang dapat diselesaikan sendiri oleh pemakai / pemilik tanpa buru-buru membawa ketempat service dimana kerusakan tidak meliputi firmware dan kerusakan hard disk yang sedikit saja dapat membahayakan data. 

Hard Disk (HDD, hard drive, disk drive) merupakan perangkat keras (Hardware) yang wajib ada pada PC dan Laptop. Hard Disk adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer. Ini terdiri dari satu atau lebih cakram keras yang berputar dengan cepat (sering disebut sebagai piringan keras), dilapisi dengan bahan magnetik dan dengan kepala magnet diatur untuk menulis data ke permukaan dan membaca data dari hard disk itu.

Jika HDD ini mengalami gangguan / kesalahan error maka gejala yang tampak diantaranya:
  • Saat komputer / laptop hidup sering terjadi hang, restart sendiri atau layar biru (blue screen). Walaupun itu bisa juga disebabkan karena Memory (RAM), tapi bisa juga kerusakan akibat HDD.
  • Saat awal dihidupkan ternyata tidak bisa booting, atau tidak bisa diinstall (install ulang) atau tampil notifikasi "Media boot tidak ditemukan"
Alternatif terakhir apabila HDD Anda tidak dapat diperbaiki dan Data yang ada dalam HDD sangatlah penting adalah meminta bantuan pihak lain yang professional tentang itu.

Untuk kasus kerusakan fisik yang tidak dapat ditangani menggunakan software based, Anda dapat mengirim hard disk tsb dengan paket via TIKI/JNE untuk proses data recovery atau membawa sendiri ke recovery center kami.

Green Tech Solutions
email: greentechcourse@gmail.com
website: https://service-maintenance-it.blogspot.com
ph. (021) 89285561
hp/WA. 0815 974 2526 / 0831 6365 6964
Workshop: Kota Serang Baru ds. Sukaragam - kec. Serang Baru - kab. Bekasi 17334

Untuk langkah awal dilakukan sendiri apabila kondisi HDD seperti kasuh diatas, yang harus dilakukan:
  1. Scan Disk
    Jika PC / Laptop bisa dihidupkan, pertama dilakukan adalah scan disk melalui command prompt (DOS) dengan mengetikkan CHKDSK. dengan cara ini akan diketahui apakah terdapat bad sector. Jika hasilnya adalah Bad Sector lakukan langkah ke dua
  2. Partisi dan Format Ulang
    Jika sudah pasti adalah Bad Sector, lakukan backup data (copy kan data ke media lain seperti HDD External) setelah itu lakukan partisi dan format ulang. Untuk melakukan Partisi dan Format Ulang biasa dilakukan menggunakan komputer lain yang normal lalu menggunakan software Partition Magic untuk melakukan partisi dan format dan mem by pass bagian bad Sector pada HDD tersebut. Dengan cara ini Bad Sector tersebut akan dilewati (tidak dibaca / tulis)  oleh HDD.
  3. Ganti Panel Board
    Pada HDD, terdapat papan panel untuk mencolokkan Kabel Power dan Kabel Data, serta berbagai chips control terdapat HDD tersebut. Kerusakan kadang terjadi pada papan panel ini. Panel ini bisa diganti atau ditukar dengan panel lain dari HDD yang sama merek dan kapasitasnya.
  4. Membersihkan Konektor
    Jika HDD tidak terdeteksi oleh komputer / laptop, kemungkinan penyebabnya adalah HDD tidak terkonek dengan sempurna. Karena itu, cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan konektor PIN Power dan Data yang ada di papan panel HDD, dengan menggunakan karet penghapus pensil yang dibasahi dengan sedikit alkohol. Atau bisa juga menggosoknya dengan amplas jika terlihat kusam dan berkarat.
    Konektor yang sering bermasalah pada HDD adalah konektor yang tertutup panel, ditunjukkan dengan panah merah pada gambar. Karena itu, panel harus dibuka dengan obeng khusus segi 6. 
Itulah pertolongan pertama yang dilakukan jika HDD error, sebelum memutuskan untuk membeli yang baru.
Jika Anda benar-benar tidak dapat menanggulanginya, hubungi kami, kami akan membantu menyelamatkan data Anda.
 
Terima Kasih, salam Hormat ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger