Home » , » step by step install windows 10

step by step install windows 10




Tutorial kali ini kami akan membahas cara menginstall (ulang) windows 10. Tutorial ini merupakan seri pelajaran tentang instalasi Windows yang telah kita bahas sebelumnya.

Tampilan Windows 10 merupakan perpaduan antara Windows 7 dan Windows 8. Jadi banyak diantara kita yang telah mengupgrade dari windows 7 atau windows 8 ke Windows 10 ini. Adapun cara menginstallnya hampir mirip dengan cara menginstall Windows 8. Saran kami baca dulu tutorial ini sampai selesai secara baik-baik biar nantinya tidak ada masalah saat proses instalasi.

Sebelum menginstall Windows 10, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena instalasi ini menggunakan DVD, maka yang utama adalah menyiapkan DVD Windows 10.

Berikut step-step nya:
  1. Siapkan DVD Windows 10, karena proses instalasi menggunakan DVD
  2.  Agar booting pertama kali dilakukan pada media DVDROM, ubah boot device priority pada DVDROM

  3. Rubah priority Bios menjadi DVDROM

  4. Setelah itu restart komputer, proses instalasi segera dimulai, tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi Windows 10.

  5. Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah diganti.

  6. Selanjutnya pilih Install now.

  7. Kemudian centang I accept the license terms, lalu pilih Next untuk melanjutkan.

  8. Pada langkah berikut ini, silakan pilih Custom: Install Windows only (advanced).

  9. Jika anda ingin melakukan installasi ulang windows, upgrade maupun downgrade dari sistem operasi windows 7 atau windows 8 anda ke windows 10, cukup mudah tinggal delete saja Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua-duanya partisi yang anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).

  10. Seperti yang kita lihat pada gambar berikut bahwa ruang HDD masih kosong (Unallocated Space). Untuk itu, anda harus mempartisinya. Untuk jumlah partisinya, bisa 2 atau lebih, sesuai keinginan anda.

  11. Silakan pilih Drive 0 Unallocated Space > New, tentukan ukuran partisi tersebut, lalu pilih Apply. Ukurannya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga. Misalkan ukuran HDD anda 320GB/500GB, beri ukuran 100GB saja sudah cukup, karena partisi yang pertama kali anda buat ini merupakan partisi system (partisi C:).

  12. Pilih OK untuk pembuatan system reserved partition.

  13. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut ini, saya hanya membuat 2 partisi utama. Selanjutnya pilih Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya (jangan ditempatkan di partisi lain ya), lalu pilih Next.

  14. Proses instalasi sedang berjalan. Proses ini memakan waktu kira-kira 30 menitan, tunggu saja sambil makan keripik. Oh ya, nantinya komputer/ laptop anda akan restart sendiri berulang kali, jadi jangan kuatir, karena hal tersebut sebagian dari proses instalasi windows 10.

  15. Silakan masukkan product key windows 10 anda, lalu Next. Jika tidak punya, silakan pilih Do this later. Anda bisa mengaktifkan windows 10 anda nanti.
  16. j

  17. Selanjutnya pilih Use Express settings.

  18. Pilih I own it.

  19. Pada halaman ini anda disuruh login akun microsoft anda. Anda bisa melakukannya nanti, jadi pilih Skip this step.

  20. Silahkan masukkan nama komputer anda dan juga password bila diperlukan (alangkah baiknya diberi password biar tidak sembarangan orang dapat mengakses komputer/ laptop anda). Isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda pada kolom Password hint.

  21. Proses kali ini tidaklah memakan waktu yang banyak, tunggu saja beberapa saat sampai anda dibawa ke dekstop anda. Cara Install Windows 10.

  22. Dan inilah saatnya, instalasi windows 10 anda berhasil! Berikut tampilan desktop pada windows 10 yang keren dan menarik

 Selamat Belajar ...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger