Home » , » Mengatasi Komputer dan Laptop Lemot dan Sering Hang

Mengatasi Komputer dan Laptop Lemot dan Sering Hang

Salah Satu problem penggunaan Komputer dan Laptop adalah merasakan menurunnya performa, sehingga mengakibatkan hang bahkan sampai komputer dan laptop menjadi error. Tentu saja membuat pengguna menjadi tidak nyaman bahkan kesal. 
Dalam tulisan ini kami akan berbagi mengatasi masalah tersebut.
Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat komputer / laptop sering lemot dan hang. Mulai dari minimnya pengetahuan pengguna hingga spesifikasi komputer / laptop yang digunakan rendah.
Disini kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi komputer / laptop mengalami hang dan lemot.
  1. Hindari penggunaan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan
    Sering ditemui pengguna menjalan banyak aplikasi secara bersamaan atau multitask terlalu banyak, Biasanya jika aplikasi dijalankan secara bersamaan tersebut terlalu berat bisa menyebabkan komputer hang bahkan menyebabkan error. Banyak aplikasi yang tidak penting memberatkan kerja komputer / laptop. Untuk itu hindarilah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Cukup membuka aplikasi yang dibutuhkan saja.

  2. Uninstall aplikasi yang tidak penting yang memberatkan kerja komputer / laptop
    Menginstall aplikasi yang tidak penting dapat memberatkan kerja memory dan juga memboroskan ruang penyimpanan

  3. Bersihkan Cache dan Temporary File
    Penyebab dan cara mengatasi komputer nge hang dan lemot adalah terlalu banyak cache dan temporary file di komputer hingga memenuhi hardisk komputer. Dengan membersihkan cache maka ruang hard disk akan lebih efisien dan kerja browser sangat responsif.

  4. Upgrade Memory Komputer / Laptop
    Point ini sangat penting pada pengguna yang menggunakan komputer / laptop RAM minim. Untuk menambah memori caranya bisa dengan mengupgrade RAM, misalnya dari 2GB menjadi 4GB atau 8GB. Upgrade RAM bisa membuat kecepatan komputer / laptop lebih cepat berkali-kali lipat.

  5. Perbaiki Hard Disk apabila bad sector
    Penyebab lainnya komputer sering ngehank dan lemot adalah hardisk mengalami bad sector atau Windows tidak bisa masuk saat pertama kali booting. Cara mengatasinya bisa dengan chkdsk dari cmd atau command prompt.

  6. Mendisable service Otomatis Windows Update
    Apabila fitur Windows Update otomatis diaktifkan maka setiap Anda terhubung dengan internet sistem akan melakukan pengecekan apakah ada tidaknya file yang harus diupdate. Artinya Anda akan mendownload file yang harus diupdate dan membuat koneksi menjadi lambat. Selain itu kuota internet jadi cepat habis.

  7.  Menggunakan aplikasi CCleaner
    Fungsi Ccleaner adalah untuk membersihkan file sampah yang terdapat di historis. Sedangkan fungsi antivirus adalah untuk mencegah virus masuk ke sistem komputer.

  8.  Install Aplikasi Anti Virus bawaan Microsoft
    Malware berupa virus ataupun adware merupakan program jahat yang sengaja dibuat untuk menginfeksi komputer dan menggandakan file. Tidak hanya itu adware juga merupakan salah satu varian malware yang selalu memunculkan iklan saat anda membuka browser internet.
Demikian tips yang kami berikan untuk mengatasi komputer / laptop mengalami lemot dan hang. 

Semoga bermanfaat untuk kita semua ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger