Home » » Cara kerja Internet

Cara kerja Internet

Bagaimana cara kerja Internet?
Pertanyaan yang sangat menarik untuk dibahas, sebelum kami membahas cara kerja Internet, pasti sobat sudah mengetahui apa itu Internet? apa fungsi dari Internet? .. dan pastinya sobat sudah menggunakan Internet bukan?

Mungkin ada sobat-sobat yang belum mengetahui apa itu Internet? kami akan membahasnya terlebih dahulu .., fungsinya apa sih .., kami akan membahasnya juga .. yuuuk simak tulisan kami ini ..

Pengertian
Internet merupakan singkatan Interconnected Networking, yang berarti sebuah jaringan komputer terbesar terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani milyaran pengguna diseluruh dunia sehingga antar komputer bisa bertukar data dan memporoleh informasi.

Fungsinya
fungsi dari Internet sangat banyak dan beragam, antara lain:
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
    Dengan adanya internet, sobat jadi lebih tahu berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang di seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka.
  • Komunikasi lebih cepat
    Perkembangan Internet membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Sobat juga dapat berkomunikasi dengan orang di luar negeri dengan biaya yang relatif murah. Selain itu jejaring sosial seperti Facebook digunakan pengguna untuk berkenalan dan mencari teman, bahkan digunakan untuk mengobrol dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.
  • Mudahnya berbelanja di Internet
    Dengan banyaknya pengguna Internet semakin banyak orang tertarik untuk berbelanja via online karena lebih mudah dan efisien. Salah satu keuntungan yang diperoleh kita tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, selain itu selagi jam kerja yang padat dan sibuk berbelanja secara online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa menyita waktu dan tenaga.
  • Internet sebagai wahana hiburan
    Internet juga berperan sebagai penghibur, bagi sobat yang gelisah dan galau memikirkan sesuatu. Sobat bisa mengakses jejaring sosial untuk curhat atau mendengarkan lagu, streaming video dan film atau bermain game.
  • Mencari Pekerjaan
    Selain mencari informasi, di Internet juga digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan dengan mudah sesuai dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang sobat inginkan, karena Internet digunakan oleh pelaku bisnis untuk mencari pekerja lewat situs-situs lowongan pekerjaan.
  • Pentingnya Internet dalam dunia Bisnis
    Mengingat Internet dapat digunakan dalam segala bidang termasuk bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan Internet demi menunjang bisnis mereka.  
Banyak orang telah menemukan keuntungan menggunakan Internet dan banyak juga yang menggunakan Internet sebagai bisnis mereka, ini yang dinamakan bisnis online, dimana Internet sebagai bisnis utama mereka.


Setelah sobat mengetahui Pengertian dan Fungsi dari Internet?, selanjutkan kami akan membahas "Cara Kerja Internet" ..

CARA KERJA INTERNET


Untuk mengakses Internet yang sekarang ini sobat gunakan, sobat harus mengetahui darimana asalnya diberikan Internet karena untuk mengakses Internet harus melewati proses yang lumayan berbelit-belit. 

Internet itu diberikan oleh ISP.
Apa arti ISP, adalah Internet Service Provider adalah Perusahaan atau Badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan Telepon merupakan penyedia jasa Internet.
Mereka menyediakan jasa hubungan ke Internet, pendaftaran nama Domain dan Hosting, contoh perusaan penyedia layanan Internet .. Telkom (Speedy), CBN, Telkomsel, INDOSAT, MyRepublic, dll ..

Biasanya koneksi Internet yang diberikan oleh ISP tersambung melalui Kabel Telepon / Fiber Optic yang terkubur atau terpasang di tiang telepon. Setelah adanya kabel yang sudah terkoneksi dengan alat, yang biasa disebut Router, dimana koneksi tersebut berisi alamat, yang disebut IP Address.

Cara kerja Internet secara singkat
ISP memberikan IP ke perangkat Router yang kita gunakan, dimana Router yang digunakan tersebut harus dikonfigurasi sesuai kebutuhan oleh pihak ISP, setelah konfigurasi oleh pihak ISP selesai dilakukan, maka Internet sudah bisa diakses / digunakan.

Jaman sudah semakin canggih, perangkat Internet yang digunakan tidak hanya menggunakan media kabel melainkan bisa menggunakan media gelombang radio yang biasa kita sebut dengan WiFi, ada juga menggunakan cahaya yang dikenal dengan LiFi dengan kecepatan up 100 Gbps.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger