Home » » Sejarah dan Perkembangan CCTV

Sejarah dan Perkembangan CCTV

CCTV adalah Closed Circuit Television, yang berarti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran.

CCTV pertama kali diluncurkan pada tahun 1942 ditemukan oleh Walter Brunch, saat itu negara Jerman sedang ingin melakukan uji coba peluncuran roket mereka yang diberi nama V-2. Peluncuran roket itu bukan hanya ingin disaksikan oleh pemerintah Jerman, sebab rakyat Jerman juga sangat antusias.

Pada saat itu, hasil dari rekaman CCTV masih sangat jelek karena resolusi nya rendah, dan belum berwarna alias masih hitam putih. Sistem CCTV pada saat itu dihubungkan dengan kabel Koaksial. Pada jaman itu, jika menggunakan 5 buah kamera  CCTV, maka dibutuhkan 5 monitor juga untuk mengawasi. Kalau jaman sekarang 100 CCTV sekali pun bisa hanya menggunakan 1 monitor untuk mengawasi.

Pada tahun 1960, pejabat di Inggris mulai memasang sistem CCTV Camera di tempat umum untuk memonitor orang banyak selama unjuk rasa dan penampilan tokoh masyarakat. Pemasangan kamera menjadi lebih populer, baik di ruang publik dan toko ritel, sebagai teknologi yang dikembangkan. Hari ini di Britania, Camera CCTV memonitor jalan, trotoar dan lapangan di pusat kota, stasiun kereta api dan bis umum, serta di toko-toko eceran dan usaha lainnya. Pada tahun 1996, pengeluaran pemerintah pada teknologi CCTV menyumbang tiga perempat anggaran pencegahan kejahatan di Inggris.

Pada tahun 1970 muncul sebuah teknologi CCTV baru yaitu Multiplexer VCR (Video Recorder). Teknologi ini memungkinkan 10 rekaman kamera CCTV dapat dipantau menggunakan 1 monitor saja. Jadi, di monitor akan terlihat 10 rekaman kamera CCTV dalam waktru yang bersamaan.

CCTV berkembang ke berbagai negara sebagai salah satu teknologi pengamanan. Banyak sekarang ini CCTV terpasang di berbagai gedung perkantoran, lobby apartemen atau hotel, minimarket, di lapas (lembaga pemasyarakatan), rumah sakit, gedung-gedung vital negara dan lain sebagainya.

Semoga sharing artikel di atas dapat menambah wawasan teman-teman semua. 

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger