Mengenali Kerusakan Hard Disk

Ciri-ciri hard disk rusak wajib kita ketahui agar kita tetap waspada untuk selalu membackup file-file penting yang ada di dalam hard disk komputer atau laptop kita. 
Banyak sekali orang yang belum mengetahui gejala atau ciri-ciri hard disk laptop/komputer yang rusak.
Berikut ciri-cirinya:
  1. Loading HDD sangat lambat  meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector.  indikasi ini juga biasanya terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai  munculnya blue screen.
  2. Komputer menjadi lambat, layaknya terkena virus. Komputer sangat lambat ketika mengeksekusi suatu perinah dari user. Berdasar pengalaman kami, banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang. ternyata hasilnya sama saja! maka dapat dipastikan bahwa ada yang error dengan hardware komputer dan kemungkinan besar ada pada hard disk jika terjadi kondisi sepeti ini.
  3. Munculnya suara-suara aneh dari hard disk. Ketika anda menyadari sesuatu yang aneh dengan komputer anda, tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan aktifitas yang terjadi di CPU, kerusakan pada hard disk biasanya mengeluarkan suara-suara aneh. kami tidak bisa menggambarkan suara aneh itu, namun biasanya terdengar seperti berderit, atau bersiut.
  4. Banyaknya file yang korup di dalam hard disk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan di hard disk, maksud dari korupnya file ini bukan korup dari awalnya! namun sebelumnya file itu baik-baik saja! namun ketika terjadi error dalam hard disk file normal pun bisa korup.
  5. Salah satu hal yang menjadi pertanda nyata dari kerusakan hard disk adalah bad sector. Jika di dalam hard disk Anda terdapat banyak bad sector, maka Anda harus segera menyelamatkan data Anda sebelum semuanya rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector ini melalui aplikasi bawaan yang ada di Windows. Pada Windows 7, buka Start > Computer kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools kemudian pilih Check now. Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors.
Penyebab Kerusakan pada Hard Disk
  1. Power Supply yang tidak memadai dan merusak controller hard disk dan motor.
  2. Hard disk terjatuh dan merusak mekanik didalamnya dan minimal terjadi bad sector.
  3. Terlalu sering dibawa-bawa tanpa pengaman membuat platter hard disk rusak karena guncangan berlebih.
  4. Suhu di dalam harddisk yang panas membuat kondisi hard disk dalam lingkungan tidak stabil.
Kerusakan yang menyebabkan Hard disk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut kami. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menanggulangi hard disk yang tidak terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
  • Mengecek arus listrik yg mengalir ke hard disk
  • Mengganti IC pada mainboard Hard disk
  • Buka Penutup Cover hard disk dan cek posisi Head hard disk
  • Cara yg extreme hard disk yg rusak bisa dikanibal dengan hard disk yg lain yg keruskan berbeda, bisa dengan cara mengganti maiboardnya atau mengambil IC nya
Hard Disk Bad Sector
Hal yang masih dapat dilakukan untuk memperbaiki hard disk yang terkena bad sector adalah hanya kondisi dimana hard disk masih berputar, keadaan controller hard disk masih bekerja.

Persyaratan Hard Disk mau diperbaiki:
  •  Ada tampilan dilayar monitor, saat harddisk dihubungkan dengan kabel data dan kabel power.
  • Tidak ada komponen yang hilang atau terbakar didalam sirkuit logic board.
  • Tidak terdengar suara benturan logam didalam hard disk, saat dihubungkan power supply.
  • Motor platter berputar secara kontinyu dengan putaran konstan, saat konektor power hard disk dihubungkan dengan kabel power supply.
Semoga membantu ..
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger