Home » , , » Cara terbaik menghapus Data di Komputer

Cara terbaik menghapus Data di Komputer

Satu-satunya cara menghilangkan data-data penting agar terhindar dari kejahatan dunia maya adalah mengambil palu dan menghantamkannya ke komputer anda. Itulah saran dari satu majalah konsumen di Inggris.

Untuk menghilangkan data yang tidak diinginkan dalam komputer tidak cukup dengan menekan tombol "delete", atau mengformat ulang. Hal ini karena para penjahat dunia maya masih tetap bisa menelusuri data-data yang dihapus bahkan sampai ke foto-foto keluarga, data bank, sampai kartu kredit.

Editor majalah "Which?" Sarah Kidner menyatakan, dengan menggunakan perangkat lunak untuk memperbaiki data, sangat mudah memunculkan kembali data-data yang dihapus maupun sudah di format ulang dalam hard drive komputer. "Meskipun sudah dihapus seluruh file, juga sudah di format ulang, anda akan terkejut bagaimana mudahnya memanggil lagi data pribadi anda."

Kidner mengakui, saran menghancurkan hard drive dengan merusaknya dengan palu memang terdengar ekstrim, tapi ini jalan yang seratus persen aman agar data yang dihapus tidak bisa dilacak lagi."

Seorang ahli peretas identitas dunia maya Profesor Ross Anderson dari Universitas Cambridge mengamini langkah ini, karena menghancurkan hard drive satu-satunya melindungi data diri kita.

"Jika anda mempunyai informasi yang sensitif dalam hard drive, jangan pernah membiarkan difungsikan ulang. Menghancurkan hard drive adalah jalan yang terbaik," ujar Andersoon. "Jika kamu ingin mendonasikan komputer anda ke anak-anak Afrika, lebih baik kirim cek Rp 10 juta, akan lebih aman."

Dalam investigasinya, Majalah Which? Mampu membuka akses data 22 ribu file dari komputer bekas yang dijual di toko internet eBay.

Semoga Membantu ..

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger