Nama profesi ini bermacam-macam tergantung struktur perusahaannya. Ada
yang menyebutnya technical support, service desk, help desk, IT staff,
EDP staff, IT Support, operation support, teknisi dan lain sebagainya.
Namun secara umum pekerjaan yang dilakukan kurang lebih sama. Pekerjaan
yang sering dilakukan seperti menginstal perangkat lunak, membersihkan
virus, merawat hardware dan jaringan baik yang ada di dalam perusahaan
atau pada klien.
Profesi ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan jika ingin menjadi IT
Professional. Pilihan untuk mencapai profesi IT Profesional dapat
dilakukan di perusahaan teknologi informasi atau perusahaan yang non
teknologi informasi ( perusahaan yang basis bisnisnya bukan di bidang
teknologi informasi). Perbedaanya hanya terdapat pada klien dimana pada
perusahaan non IT, pelanggan adalah pegawai perusahaan itu sendiri,
sedangkan perusahaan IT, pelanggan adalah klien yang berasal dari luar
perusahaan.
Untuk masalah salary atau gaji, seorang helpdesk pada umumnya tidak terlalu menggembirakan karena bersifat standar yang berkisar antara 1,5 juta sampai 2,5 juta rupiah per bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan. Namun jika baru lulus kuliah, profesi ini merupakan pekerjaan pertama yang cukup direkomendasikan sebagai pekerjaan pertama untuk mencari pengalaman walaupun gajinya tidak terlalu besar.
Profesi IT Support / helpdesk ini membutuhkan keahlian yang cukup luas
dikarenakan cukup banyaknya fasilitas yang harus ditangani oleh seorang
IT Support. Antara lain jaringan, virus, perangkat lunak dan keras,
sistem operasi dan lain sebagainya. Sebagai contoh saja, klien bisa saja
menggunakan beberapa sistem operasi mulai dari windows, windows server,
linux, linux server, free bsd, solaris dan MacOS. Maka dari itu
pengetahuan akan berbagai sistem operasi dibutuhkan oleh seorang IT
Support. Kemampuan lain adalah kemampuan softskill seperti kemampuan
berkomunikasi, karena akan menghadapi bermacam karakter dari klien.
Sebagai nilai tambah untuk menjadi seorang IT professinal adalah dengan
memiliki sertifikat internasional. Sertifikat internasional yang dapat
diambil adalah sertifikat A+ yang dikeluarkan oleh CompTIA. Selain itu
dapat juga mengambil sertifikat MCDST ( Microsoft Certified Desktop
Support Technician ).
sumber : disadur dari blog sihombing89
0 komentar:
Posting Komentar