Home » » dunia IT: menjadi Help Desk atau Technical Support

dunia IT: menjadi Help Desk atau Technical Support

Nama profesi ini bermacam-macam tergantung struktur perusahaannya. Ada yang menyebutnya technical support, service desk, help desk, IT staff, EDP staff, IT Support, operation support, teknisi dan lain sebagainya. Namun secara umum pekerjaan yang dilakukan kurang lebih sama. Pekerjaan yang sering dilakukan seperti menginstal perangkat lunak, membersihkan virus, merawat hardware dan jaringan baik yang ada di dalam perusahaan atau pada klien.

Profesi ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan jika ingin menjadi IT Professional. Pilihan untuk mencapai profesi IT Profesional dapat dilakukan di perusahaan teknologi informasi atau perusahaan yang non teknologi informasi ( perusahaan yang basis bisnisnya bukan di bidang teknologi informasi). Perbedaanya hanya terdapat pada klien dimana pada perusahaan non IT, pelanggan adalah pegawai perusahaan itu sendiri, sedangkan perusahaan IT, pelanggan adalah klien yang berasal dari luar perusahaan. 

Untuk masalah salary atau gaji, seorang helpdesk pada umumnya tidak terlalu menggembirakan karena bersifat standar yang berkisar antara 1,5 juta sampai 2,5 juta rupiah per bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan. Namun jika baru lulus kuliah, profesi ini merupakan pekerjaan pertama yang cukup direkomendasikan sebagai pekerjaan pertama untuk mencari pengalaman walaupun gajinya tidak terlalu besar.

Profesi IT Support / helpdesk ini membutuhkan keahlian yang cukup luas dikarenakan cukup banyaknya fasilitas yang harus ditangani oleh seorang IT Support. Antara lain jaringan, virus, perangkat lunak dan keras, sistem operasi dan lain sebagainya. Sebagai contoh saja, klien bisa saja menggunakan beberapa sistem operasi mulai dari windows, windows server, linux, linux server, free bsd, solaris dan MacOS. Maka dari itu pengetahuan akan berbagai sistem operasi dibutuhkan oleh seorang IT Support. Kemampuan lain adalah kemampuan softskill seperti kemampuan berkomunikasi, karena akan menghadapi bermacam karakter dari klien.

Sebagai nilai tambah untuk menjadi seorang IT professinal adalah dengan memiliki sertifikat internasional. Sertifikat internasional yang dapat diambil adalah sertifikat A+ yang dikeluarkan oleh CompTIA. Selain itu dapat juga mengambil sertifikat MCDST ( Microsoft Certified Desktop Support Technician ).

sumber : disadur dari blog sihombing89

0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger