Home » » Hal-Hal Umum yang Menyebabkan Komputer Error

Hal-Hal Umum yang Menyebabkan Komputer Error

Komputer sudah menjadi sahabat manusia. Keberadaan komputer sangat membantu kebutuhan dan kegiatan manusia. Kegiatan manusia sehari-hari hampir tak lepas dari kinerja komputasi digital. Peranan komputer bagi manusia tidak bisa lagi dinilai mulai dari kegiatan pribadi hingga aktifitas bisnis.


Seperti layaknya benda buatan manusia, komputer juga bukanlah benda yang sempurna, komputer bisa juga tidak bersahabat pada pemiliknya dikarenakan hal-hal tertentu. Terjadinya error dan kegagalan fungsi tentu akan merepotkan pemiliknya, apalagi jika dalam keadaan penting dan sedang dibutuhkan.

Komputer yang mati sendiri tanpa peringatan, munculnya layar biru atau Blue Screen of Death (BSOD), serta pesan error lain tentu mengganggu penggunaan komputer yang diharapkan berfungsi normal. Dengan sedikit pengetahuan mengenai penyebab komputer menjadi error, pengguna dapat mencari cara untuk memperbaiki komputer yang error baik dari segi hardware maupun software.

Software Crash

Software yang crash jelas akan menghentikan proses jalannya proses tersebut. Bukan hanya itu, sistem operasi bahkan software lain juga dapat terpengaruh dikarenakan sebuah program yang crash. Software yang mengalami crash bisa disebabkan bermacam-macam, program yang terlalu banyak mengirimkan perintah berulang misalnya, atau program yang gagal melakukan loading file atau mengidentifikasi kebutuhan sistem untuk menjalankannya akan membuat software menjadi Crash, dapat pula disebabkan karena bentrok dengan software lainnya. Biasanya jika terjadi Crash Software, maka sistem operasi akan membuat log error dan menyediakan pilihan untuk melaporkan error tersebut ke developer sistem operasi atau software tersebut agar dapat dibenahi untuk diberikan update dikemudian hari.

Jika terjadi sekali atau dua kali maka hendaknya periksa pengaturan software tersebut agar dapar dijalankan dengan benar. Namun jika terjadi berulang kali dan terus menerus, maka perlu periksa kompatibilitas atau kecocokan dengan sistem baik sistem operasi, software lain maupun spesifikasi hardware, hingga melakukan update untuk sistem atau program tersebut. Jika memang masih terjadi error dan crash maka sebaiknya uninstall program tersebut, jika memang membutuhkan, maka gunakan pada sistem yang dapat menjalankan program tersebut dengan baik sehingga kinerja tidak terganggu.

Driver Tidak Kompatibel

Driver untuk hardware yang tidak cocok atau tidak kompatibel akan membuat hardware tidak dapar dijalankan dengan baik. Hal ini terjadi karena perintah yang dijalankan diannggap menjadi kesalahan sehingga dapat menyebabkan error. Driver yang tidak cocok mengakibatkan hardware gagal untuk diidentifikasi dan difungsikan dengan benar. Untuk hardware tambahan mungkin pengaruh ke sistem tidak terlalu terasa, namun jika terjadi pada driver untuk hardware yang vital maka akan sangat menggangu. Contoh saja misalnya diver untuk Display VGA tidak cocok akan mengakibatkan tampilan visual yang tidak sedap dipandang atau bahkan tidak mampu menampilkan display.

Ada baiknya untuk cek ulang kebutuhan sistem dengan hardware, jika memang hardware dan sistem sudah saling support, maka gunakan driver terbaru yang dirilis oleh penyedia diver tersebut. Dirver untuk hardware biasanya disediakan gratis disertakan dalam bentuk CD ketika pembelian, dan update biasanya disediakan di situs resmi pembuat perangkat tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Supported by: Green Tech Solutions
Copyright © 2010. Green Tech Solutions - All Rights Reserved
Powered by: Blogger